Halaman XII KONFLIK DI RUANG GURU.
DI RUANG GURU SUASANA CUKUP
PANAS KETIKA PERNIK-PERNIK MASALAH MUNCUL SATU-PER SATU DI HADAPAN MEREKA, PARA
GURU. MEREKA SEDANG MEMBICARAKAN MASALAH TAWURAN ANTARA SEKOLAH MERAH PUTIH DAN
SEKOLAH HITAM PUTIH. TERLIHAT BEGITU SERU, SAMA SEPERTI MENONTON PERTANDINGAN
BOLA AKAN TETAPI MEREKA TIDAK TAHU BOLA BERADA DI MANA DAN BERGULIR KE
MANA.
PAK DULIDALIDU:
Siapa yang tahu
kejadian itu?
PAK SUPORNO:
Katanya gara-gara
soal cewek
PAK MACOMAN:
Bukan! Soal saling
ejek.
PAK SUPORNO:
Pasti soal cewek lah. Anak sekarang apalagi sech yang jadi rebutan
kalau gak cewek-cowok. Yang cewek godain cowok,
yang cowok godain cewek. Itu sudah pasti.
PAK ANUGERAH:
Wach, Pak Suporno saya sependapat dengan Anda. Pasti soal gituan.
BU BAWELAWATI:
Woy! Maksud bapak-bapak ini apa, sich. Kok bicaranya begitu.
Picik banget sech. (MENGGERUTU)
Kalau bicara soal cewek, kok, antusisa banget sih.
BU MULIAHATI:
Salah. Hanya karena tersenggol di jalan.
PAK ANUGERAH:
Tersenggol motor,
atau mobil?
PAK MACOMAN:
Odong-odong kali!
BU BAWELAWATI:
Kalau hanya katanya, itu sok tau namanya!
PAK DULIDALIDU:
Terus apa tindakan kita?
BU BAWELAWATI:
ya, dihukum anak kita yang terlibat.
PAK MACOMAN:
Kalau perlu dikeluarkan dari sekolah.
BU MULIAHATI:
Bukan hukum, Bu, sanksi.
BU BAWELAWATI:
Apas sih bedanya hukuman dengan sanksi.
BU MULIAHATI:
ya berbeda, dong, Bu. Lagi pula, Itu tidak bijak.
Kita masih punya banyak cara menangani anak-anak.
BU BAWELAWATI:
Alaaahh, jangan sok jadi guru teladan, dech!
PAK GURU:
Jangan begitu Bu Bawelawati! Bu Muliahati benar,
masih banyak cara yang bisa kita lakukan, dan ingat kita ini guru.
PAK MACOMAN:
yang bilang tukang cendol siapa? (SEMUA TERTAWA)
PAK DULIDALIDU:
Sudah! Sudah! Kita masih ditunggu anak di kelas!
PAK MACOMAN:
Ayo, ayo, ayo, mengajar anak bangsa!
EXIT
Halaman XIII ROMAN MENCARI CINTA.
SUDAH DUA HARI CINTA TIDAK
BERSEKOLAH. CINTA SAKIT HATINYA BUKAN FISIKNYA. CINTA TIDAK DAPAT MENERIMA
KENYATAAN YANG DISODORKAN ORANG TUANYA. SEMENTARA ITU ROMAN MERASA KEHILANGAN
CINTA DI SEKOLAH. IA GUNDAH. IA GALAU.
ROMAN:
Hey, kalian pada liat Cinta nggak?
TEMAN-TEMAN ROMAN DI KELOMPOK IPA MENGGELENG BERSAMAAN.
ROMAN:
Serius nich.
KELOMPOK IPA:
(MENGGELENG BERSAMAAN LAGI)
ROMAN:
Aduh, ke mana, ya. Sudah dua hari Cinta gak masuk sekolah.
Dia marah sama aku atau jangan-jangan dia sakit.
KELOMPOK IPA:
Dua hari yang lalu dia mencari kamu Roman. Dia sedih. Dia galau.
Ech, datang si Bram terus menggoda. Tapi Cinta tidak peduli.
Dia cari kamu Bram. Dia cari kamu Bram. Dia cari kamu Bram.
ROMAN:
Ech, elu pada sakit, ye! Kaya robot koplak luch! Tobot pe a!
KELOMPOK IPA:
Koplak itu apa Roman, koplak itu apa Roman, koplak itu apa Roman?
ROMAN:
Tau ach, gue mau cari Cinta.
(BERLARI MENCARI CINTA)
KELOMPOK IPA:
(TERTAWA TERBAHAK-BAHAK ALIAS NGAKAK)
SEMENTARA ITU KETUA OSIS SIBUK
MEMBAGIKAN UNDANGAN RAPAT PENSI KEPADA TEMAN-TEMANNYA YANG ADA DI TAMAN
SEKOLAH.
KETUA OSIS:
Halo! Haloha! Teman-teman di mana kalian! Aku mau kasih undangan rapat!
Di mana, ya? Si Roman ke mana sech? Cinta juga gak kelihatan batang hidungnya.
Ech, salah. Lubang hidungnya.
Ech, anak-anak I Pe Es! Lihat anak-anak OSIS ga sech.
KELOMPOK IPS:
(SENYUM-SENYUM SINIS SAMBIL MEMASANG WAJAH GARANG)
Ech, Ketos kalau bertanya yang sopan. Katanya ketua OSIS. Retorikanya
saja ga jelas. Maksud bicaranya saja bablas. Bagaimana kegiatan OSIS gak
amblas.
YANG LAIN:
Lagian siapa sih yang milih dia jadi ketua OSIS.
Idenya bagus tapi pelaksanaannya gak becus. Dach gitu sepertinya ada
yang gak beres dech sama dia.
KETUA OSIS:
Dengar, ya. Gue mau rapat OSIS. Gue butuh anggota gue.
Jadi ga ada urusan sama elu pade. Kalau gue bertanya boleh dong.
Kan yang dihadapan gue manusia. Bukan hewan.
Kalau gue bertanya sama hewan, nach jelas itu gak boleh. Paham lu
semua.
KELOMPOK IPS:
(TERTAWA TERBAHAK-BAHAK CAMPUR JENGKEL)
Ngeselin luch, ye jadi ketua OSIS.
KETUA OSIS:
Tapi suka, kan. Yuk...(BERLALU DENGAN PEDENYA)
KELOMPOK IPS:
(SALING TATAP TIDAK MENENTU. BINGUNG CAMPUR KESAL MAU MENJAWAB APA)
EXIT
Halaman XIV KEGALAUAN PAK GURU.
DI RUMAH PAK GURU. ISTRI PAK
GURU SEPERTI BIASA MENYAMBUT KEDATANGAN SUAMINYA. BU GURU MENYIAPKAN HIDANGAN
KECIL DAN TEH TUBRUK UNTUK PAK GURU. IA MELIHAT PAK GURU BERDIRI DI DEPAN
PINTU, BEGITU LETIH TAMPAKNYA.
ISTRI:
Capek, ya, Pak?
PAK GURU:
Yach. Aku menikmatinya.
ISTRI:
Pak, susu habis. Gula kopi habis. Beras juga habis.
PAK GURU:
Kau...hhhhgghh...(SAMBIL MELETAKKAN TAS DI KURSI) di mana dan
bagaimana perasaanmu yach. Aku baru
pulang. Aku masih letih. Sudah kau sodorkan hal-hal yang bisa kita bicarakan
nanti. Aku jadi pusing kalau begini sehari-hari.
ISTRI:
Aku lebih pusing. Kau tidak pernah tahu dan tidak mau tahu kebutuhan
sehari-hari. Belum lagi tagihan utang ini-itu. Kau terlalu sibuk dengan
anak-anak muridmu. Sementara kau tidak tahu bagaimana sepiku, bagaimana
resahku, bagaimana gelisahkau, sedihku, dan ...
PAK GURU:
Salah. Salah kau menilai aku. Aku peduli kau. Aku peduli
anak-anakku.
Aku selalu
ingin membahagiakanmu dan anak-anakku.
ISTRI:
Selalu ingin selalu ingin! Mana buktinya? Kapan bahagianya?
Selalu saja kertas-kertas dan buku-buku yang kau bawa pulang.
Sementara perhiasanku yang kauberikan untukku habis sudah kau pakai
juga.
Dan kau janji akan mengembalikan. Mana? Mana?
PAK GURU:
Cukup! Kenapa kau mau menikah denganku? Kenapa kau mau menjadi istriku?
Benar kata orang tuamu ”berpikirlah untuk menikah dengan seorang guru
meskipun dia pegawai negeri”. Seharusnya kau menikah dengan dokter,
insinyur, pengacara, atau siapalah yang bisa membuat kau bahagia seketika!
Tidak seperti aku yang hanya seorang guru.
ISTRI:
(TERDIAM MENYADARI KEKELIRUANNYA)
Maafkan aku.
PAK GURU:
(MASIH TERDIAM LESU MERENUNGI KALIMAT-KALIMAT ISTRINYA)
Sudahlah. Aku capek. (BICARA KEPADA DIRI SENDIRI) Maafkan saya. Saya
belum bisa memenuhi kebutuhanmu.
Halaman XV GURU BERTANYA TENTANG KEHAKIKIAN TUGASNYA.
PENTAS GELAP. CAHAYA DALAM LINGKARAN
MENAUNGI SEKELOMPOK FIGUR—YANG TAMPAK PERLAHAN MENGGELIAT MELALUI KEPALANYA,
LEHERNYA, BAHUNYA, TANGANNYA, JARI-JEMARINYA, PINGGULNYA, KAKINYA, DAN
TUBUHNYA, YANG MENANDAI BAHWA MEREKA GALAU, MEREKA RESAH, MEREKA BERGEJOLAK, MEREKA
GELISAH DALAM ANGAN-ANGAN TIADA BATAS TENTANG HAKIKAT DIRINYA, TENTANG HARKAT
DIRINYA, TENTANG MARTABAT DIRINYA, TENTANG KEDIGDAYAAN DIRINYA, TENTANG FUNGSI
DAN TUGASNYA. MEREKA TERUS MENGGELIAT, TERUS BERGERAK BAGAI PENARI-PENARI YANG
MEMAMERKAN TARIAN TAK BERMAKNA.
DELAPAN ORANG GURU BERKOSTUM GENERASI
BERBEDA SUDAH BERADA DI PENTAS DENGAN EKSPRESI SAMA, SENYUM DAN WIBAWA. LALU
MEREKA BERDIALOG MELALUI PUISI ‘TUHAN AKU INGIN BERTANYA’
GURU-GURU : Tuhan aku mau bertanya.
GURU 1
: Profesi mana yang lebih dihargai guru atau dokter,
GURU 2
: tugas mana yang lebih mulia guru atau tentara
GURU 3
: kedudukan mana yang lebih tinggi guru atau anggota DPR?
GURU 4
: jabatan mana yang lebih dihormati guru atau menteri,
GURU 5
: tanggung jawab mana yang lebih berat guru atau presiden
GURU 6
: kalau profesi guru yang lebih dihargai.
GURU 7
: kalau tugas guru yang lebih mulia
GURU 8
: kalau kedudukan guru yang lebih tinggi
GURU 1
: kalau jabatan guru yang lebih dihormati
GURU 2
: kalau tanggung jawab guru yang lebih berat
GURU 3
: Mengapa kau biarkan mereka menempatkan aku dalam saku baju,
GURU 4
: dalam plastik kresek,
GURU 5
: dalam bingkisan kado,
GURU 6
: dalam lingkaran cincin emas,
GURU 7
: dalam ikatan jam di tangan,
GURU 8
: dalam amplop perjanjian naik kelas,
GURU 1
: dalam sebungkus nasi padang,
GURU 2
: dalam segudang janji bahagia dan menyenangkan
GURU-GURU : Mengapa kaubiarkan mereka mendorong aku ke
bibir
sumur kegelapan dalam kegelisahan
terdalam selama perjalanan waktu menuntut.
Tuhan aku mau bertanya sampai di mana
aku kaubawa pada batas waktumu?
PERLAHAN
RUANGAN REDUP. TAK ADA LAGI PEMANDANGAN TENTANG KEGELISAHAN DAN KEGALAUAN GURU
TERLIHAT.
EXIT
Halaman XVI SUATU SAAT DI SEKOLAH.
ADA SERPIHAN JIWA YANG
TERPISAH DARI KESEHARIAN DI SEKOLAH. BAPAK-IBU GURU YANG SELALU ADA DALAM SUKA
DUKA SISWA-SISWANYA TAK LUPUT DARI KETERKAITAN PERMASALAHAN YANG TIMBUL
TENGGELAM DIANTARA ROMANTIKA PENDIDIKAN.
NYONYA MAYORA YANG OKB—IBUNYA
MARKONA YANG SEDIKIT BANYAK MENSUPORT DANA UNTUK KEGIATAN SEKOLAH ASALKAN ADA
PERHATIAN UNTUK PUTRINYA. ADA IBU DERITA YANG KECEWA KARENA SENGSARA DIKANDUNG
BADAN. ADA ORANG TUA CINTA YANG SEMENA-MENA IKUT CAMPUR URUSAN CINTA ANAK SEKOLAH.
BAPAK MACOMAN:
Ada
apa Nyonya Mayora? Kok pagi sekali sudah di sekolah?
Ada
yang bisa saya bantu?
NYONYA MAYORA:
Kok,
tahu sih, kalau saya butuh bantuan?
BAPAK MACOMAN:
Dari
pancaran mata najuwa, dan senyuman kopi sianida,
Nyonya
butuh bantuan saya?
NYONYA MAYORA:
Ich
Pak Macoman, sotoy banget sih. Betul loch saya butuh bantuan Bapak.
Bapak,
kan sebagai wali kelas Marko...
BAPAK MACOMAN:
Marko...?
NYONYA MAYORA:
Iya,
Marko. Markona anak kesayangan saya.
BAPAK MACOMAN
Iya,
ya, ya. Markona. Habis diganti sih panggilannya.
NYONYA MAYORA:
Loch,
kan status ekonomi saya sudah berbeda dan berubah.
Masa
Pak Maco gak tahu.
BAPAK MACOMAN
Ya,
maaflah. Lalu apa masalahnya Nyonya Mayora yang luar biasa?
NYONYA MAYORA:
Markona
suka dengan si Roman. Tapi dia mengalami rintangan.
C...I...N...T...A
BAPAK MACOMAN:
Ow
ow ow kacian. Jadi itu permasalahannya.
NYONYA MAYORA:
Ya,
tolong diatur dong prosesnya.
BAPAK MACOMAN:
Beresssss.
Saya tahu Markona anak baik.
NYONYA MAYORA:
Pastilah.
(SAMBIL MEMBERIKAN AMLOP KEPADA PAK MACOMAN).
Saya
mau ke ruang kepala sekolah dulu. Ta ta Pak Maco.
BAPAK MACOMAN
Ta
ta juga ...
DI SUDUT LAIN, DI RUANG KEPALA
SEKOLAH, IBU DERITA ORANG TUA ROMAN TENGAH MEMPERJUANGKAN NASIB ANAKNYA YANG
AKAN DIKELUARKAN KARENA BERPACARAN DENGAN CINTA.
KEPALA SEKOLAH:
Jadi,
Ibu Derita sudah paham? Kenapa saya panggil ke sekolah?
IBU DERITA:
Ya,
Pak. Saya paham. Nanti saya beritahu anak saya. Saya mohon ya,
Pak,
Bu, anak saya jangan dikeluarkan hanya karena pacaran dengan temannya. Saya
orang tidak punya. Dan roman anak yatim. Saya hanya tukang cuci pakaian. Anak
saya memang tidak pantas untuk mencintai dan dicintai. Apalagi Cinta anak orang
kaya. Saya paham betul, Pak.
ORANG TUA CINTA:
Nah,
itu sudah tahu. Semestinya Ibu paham dari awal. Anak saya sudah kelas 3 dan
akan melanjutkan kuliah ke Amerika. Bagaimana kalau gagal. Ibu mau bertanggung
jawab? Berapa kerugian yang harus ibu ganti selama anak saya bersekolah di
sini. Pasti Ibu tidak sanggup.
KEPALA SEKOLAH:
Ya
sudahlah. Yang penting Ibu Derita tolong dicamkan itu.
IBU DERITA:
Baik,
Pak. Akan saya lakukan semua tiu. Sekali lagi terima kasih, ya, Pak.
Juga
Ibu Cinta saya mohon maaf sekali lagi.
ORANG TUA CINTA:
(MEMBUANG
MUKA KE ARAH LAIN)
IBU DERITA:
(KELUAR
DARI RUANG KEPALA SEKOLAH)
KEPALA SEKOLAH:
Jangan
khawatir, Bu, saya akan tangani semua ini. Oya omong-omong sekolah kami ingin
mengadakan kegiatan silaturahmi untuk guru-guru di sini, Eghhh...
ORANG TUA CINTA:
Saya
sudah tahu maksud Bapak. Diatur saja segala sesuatunya, Pak.
Yang
penting Cinta anak saya nyaman belajar di sekolah ini.
KEPALA SEKOLAH
MENGANGGUK-ANGGUKKAN KEPALA SERAYA MEMBUAT SENYUM-SENYUM DI BIBIRNYA. SEMENTARA
ORANG TUA CINTA MENINGGALKAN RUANGAN TANPA PEDULI.
EXIT
Halaman XVII BERITA GEMBIRA BUAT KELUARGA PAK GURU.
ALHAMDULILLAH MASA DEPAN GURU
TERPIKIRKAN JUGA OLEH SEGENAP PENGATUR KEBIJAKAN-KEBIJAKAN NEGERI. NASIB GURU
YANG SEKIAN PULUH TAHUN TAK JELAS KEBERADAANNYA DI NEGERI SENDIRI KINI TERATASI
DENGAN SELEMBAR SERTIFIKASI. SENYUM KETULUSAN DAN KEIKHLASAN PUN TERPANCAR DI
WAJAH GURU
ISTRI:
Kok senyum-senyum?
PAK GURU:
Yaiyalah. Karena kita tidak akan selalu berkerut dahi lagi ketika
bermunajat.
ISTRI:
Maksudnya?
PAK GURU:
Kita akan selalu senyum saat menghadapi segala permasalahan.
ISTRI:
Maksudnya?
PAK GURU:
Artinya, kita bersyukur. Terutama karena doa-doa kita, keluhan kita,
kesulitan kita, kemarahan kita, kesedihan kita, semua diperhatikan Allah
melalui orang-orang bijak yang membuat kebijakan.
ISTRI:
Maksudnya? Aku belum mengerti.
PAK GURU:
Aku guru Es Em A, dan kau guru Es De, serta semua guru yang ada di
Indonesia akan memperoleh sertifikasi sebagai apresiasi dari pemerintah untuk
guru-guru
di Indonesia
ISTRI:
Ooohh, aku paham sekarang.
PAK GURU:
Maksudnya?
ISTRI:
Yaitu kita bersyukur. Aku bersyukur.
PAK GURU:
Maksudnya?
ISTRI:
Maksudnya...kalung, gelang, dan cincinku pasti diganti, kan?
PAK GURU:
Hadeuuuhhhh, bikin pusing lagi.
(NGELOYOR MASUK KE KAMAR)
EXIT
Halaman XVIII PERISTIWA-PERISTIWA.
ADA KETIDAKSEIMBANGAN DI ANTARA
KESEJAHTERAAN DAN KEBIJAKAN YANG HARUS DINIKMATI DAN DIEMBAN BAPAK-IBU GURU.
SUNGGUH IRONI BAHKAN KEMIRISAN KIAN TERASA DI NURANI TERDALAM SEORANG PENDIDIK
YANG ABDI NEGARA KATANYA. KINI TIADA LAGI GURU YANG DIGUGU DAN DITIRU. TIADA
LAGI GURU YANG DIANGGAP PAHLAWAN. TIADA LAGI GURU EMBUN PENYEJUK DI
KEHAUSAN.TIADA LAGI GURU BAK PELITA DI KEGELAPAN. GURU DULU DAN KINI MASIH SAJA
DIPANDANG SEBELAH MATA. MEREKA ‘ORANG TUA’ TIDAK HANYA BISA BERKATA, TETAPI
JUGA MENILAI SEMENA-MENA TERHADAP GURU. KINI PRINSIP MEREKA ‘GRATIS DAN SADIS’
DEMI MENINGKATKAN DERAJAT HIDUP MEREKA.
PENTAS REDUP. SISWA SD, SMP, SMA DALAM
BERPASANGAN SUDAH ADA DI PENTAS. MEREKA BERDIALOG BERGANTIAN DALAM LINGKARAN CAHAYA LAMPU.
“Gue suka sama lu.”
“Gue juga suka sama lu.”
“Jadi sekarang lu pacar gue.”
“Iya gue tau kok”
(MEREKA
BERPEGANGAN TANGAN. BERLARI—SLOWMOTION, SISWA SMP MEMBIMBING SISWA SD)
DI SUDUT LAIN.
“Gue malas belajar.”
“Gue apa lagi.”
“Kita bolos. Kita madol.”
“Nonton, yuk. Tapi be em, be em ok?”
“Ok.”
“Lu ada rokok.”
“Ntar aja di luar. Ke gep guru gak enak tau.”
(MEREKA KELUAR MENGENDAP-ENDAP
TANPA RASA TAKUT. DI WAJAH MEREKA HANYA SENYUM DAN TAWA YANG TERULAS)
DI SUDUT LAIN
“Kok, kamu keluar beb?”
“Iya ayang. Aku kangen sama kamu.”
“Kan, masih KBM.”
“Iya, be te. Gurunya nge be te in. Sumpah.”
“Kok, kamu juga di luar.”
“Demi kamu beb. Sama. Gurunya magabut. Tadi Cuma ngasih
tugas gurunya terus keluar. Gak jelas alasannya.”
“Ooo. Terus kita ngapain?”
(SISWA LAKI-LAKI HANYA MENGERDIPKAN MATA)
“Ok.”
(MEREKA TIDAK SUNGKAN BERGENGGAMAN TANGAN
MELINTAS DI KORIDOR SEKOLAH)
SEGAMBARAN KELOMPOK GURU YANG RESAH DAN
GELISAH BERADA DALAM BAYANG-BAYANG KETAKUTAN SAAT MENJALANKAN TUGAS DAN
TANGGUNG JAWABNYA. KELOMPOK GURU YANG KHAWATIR SALAH MENDIDIK DAN MENGAJAR
KARENA TUNTUTAN ORANG TUA YANG TIDAK BERALASAN—HANYA DILANDASI CERITA DARI
MULUT KEMULUT TENTANG KEJANGGALAN, KESALAHAN, KEKELIRUAN OKNUM GURU TERHADAP
MURIDNYA. ORANG TUA SUDAH TIDAK LAGI MEMBERIKAN KEPERCAYAAN TERHADAP GURU.
SANKSI APA PUN YANG BERTUJUAN MENDIDIK MURID-MURID AGAR MENJADI GENERASI
PENERUS YANG KOMPETEN DAN BERKARAKTER TIDAK LAGI BENAR DAN LOGIS DALAM
PANDANGAN ORANG TUA. SEMUA SANKSI
DIANGGAP TINDAK KEKERASAN DAN KEJAHATAN.
SEGAMBARAN ORANG TUA YANG MEMAKI-MAKI
GURU, MENGHUJAT GURU, MELECEHKAN GURU, MELAPORKAN GURU, MEMBAWA GURU KE
PENGADILAN, BAHKAN MELUKAI GURU MELALUI PENGEROYOKAN DAN PEMUKULAN DI MUKA
UMUM.
ORANG TUA 1: Kenapa Ibu Guru memukul anak saya.
IBU GURU SD : Saya tidak memukul. Saya hanya mencubit lengannya. Itu pun
tidak
keras.
Hanya untuk memperingatkan supaya anak Ibu tidak selalu
bikin ulah di kelas maupun di
luar sekolah.
ORANG TUA 1: Memukul atau mencubit sama saja. Ibu Guru sudah melakukan
tindak kekerasan terhadap anak didik.
Saya tidak terima. Saya
akan laporkan tindakan ibu ke KPAI.
IBU GURU SD: Silakan
Pak. Saya hanya menjalankan tugas dan tanggung jawab
saya
dalam hal mendidik. Ibu tahu apa yang sudah dilakukan anak
Ibu?
ORANG TUA 1: Mana
saya tahu. Saya, kan di rumah. Bapaknya anak-anak kerja.
Saya menyekolahkan anak saya, untuk saya
titipkan kepada
bapak-ibu guru di sekolah.
IBU GURU SD : Nah
ibu tidak tahu anak ibu berbuat apa. Belajar atau tidak.
ORANG TUA 1: Memangnya
anak saya kenapa Bu?
IBU GURU SD : Anak
ibu sudah sering membolos.
ORANG TUA 1: Tapi
dia berangkat dari rumah.
IBU GURU SD : Mana
saya tahu. Murid saya tidak hanya anak Ibu. Anak ibu sering
meninggalkan sekolah bersama teman wanita SMP nya. Anak ibu
berpacaran
dengan anak SMP. Jadi saya rasa ibu salah menitipkan anak di sekolah yang sudah bagus
ini.
(MENINGGALKAN SI ORANG TUA YANG TERMANGU-MANGU TIDAK JELAS)
ORANG TUA 2 : Mengapa Pak Guru menampar anak saya.
PAK ANUGRAH: Saya
tidak menampar. Saya hanya mencolek pipi anak Bapak.
Karena terus bicara tidak pantas
terhadap guru yang menasihatinya.
ORANG TUA 2 : Pak Guru jangan berdalih! Tidak mungkin anak saya bicara kasar
kepada gurunya.
Apalagi melaporkan yang tidak benar.
PAK ANUGRAH: Saya
tidak berdalih. Bapak sudah mengajarkan kejujuran? Sekarang
tanyakan kepada anak Bapak di hadapan
saya, dia bicara jujur atau
tidak ketika melaporkan kejadian ini.
ORANG TUA 2 : Memangnya anak saya melakukan kesalahan apa?
PAK ANUGRAH: Pertanyaan
klise yang selalu dilontarkan orang tua. Anak Bapak
sering bermesra-mesraan di kelas. Di
sekolah.
ORANG TUA 2 : Pak Guru jangan mengada-ada ya. Saya ini pengacara. Saya
bias
tuntut dan seret Pak Guru ke
pengadilan. Dari mana Bapak tahu?
PAK ANUGRAH: Heloooo,
di sekolah ini dipasang CCTV. Di setiap ruang bahkan di
toilet pun kami
pasang CCTV. Mana mungkin kami mengada-ada.
Zaman sudah canggih pertanyaannya kok
masih konvensional.
(MENINGGALKAN ORANG TUA YANG JUGA TERBENGONG-BENGONG MALU
TAK MENGERTI)
EXIT
Halaman XIX PERBINCANGAN DI ANTARA GURU.
DI RUANG GURU. MASIH SAJA
BERBINCANG SOAL TUGAS, TANGGUNG JAWAB, PROFESIONALITAS GURU, DAN PERNAK-PERNIK
PERMASALAHAN SEPUTAR SITUASI DAN KONDISI KESEJAHTERAAN GURU.
PAK SUPORNO:
TKD sudah keluar belum?
PAK DULIDALIDU :
Belum. Yang baru keluar itu TKA TKB dan TKC.
PAK BAPER:
Bahkan mereka sudah sampai di rumah. Kamana ya TKD.
BU BAWELAWATI:
Eh, Pak Baper, Pak Gabut jangan ngurusin TKD saja dong. Ngajar yang
benar.
PAK GABUT:
Lo, loh, kok Bu Bawel jadi sinis begitu!? Siapa yang mengajar ga benar
PAK MACOMAN:
Alaa, seperti tidak butuh saja. Kemarin malah tanya-tanya jeng
serti
BU BAWELAWATI:
Kapan saya tanya-tanya sertifikasi. Kalaupun saya bertanya
sesuai lah dengan kinerja saya. Nah, Anda berdua...
BU MULIAHATI:
Sudahlah. Kok bicaranya itu-itu saja. Malulah kita sebagai guru.
GURU-GURU:
Uuuuuhhh,
malu...uuuuuuhhh, malu...uuuuhhh, malu.
PAK GURU:
Yach, Bu Muliahati benar. Seharusnya kita malu. Bapak-ibu guru yang digugu
dan ditiru.
Ada apa dengan kalian? Ada apa dengan kita? Selalu saja bicara soal
jasa. Jasa. Dan jasa. Lihat, ke daerah lain, tengok ke pedalaman, apa yang
mereka dapat? Apa yang mereka punya selain asa, asa, dan asa. Bahkan mereka
sering berputus asa
(MEMANDANGI SATU-SATU BAPAK-IBU GURU DI HADAPANNYA. BEBERAPA GURU
MEMANDANG BALIK DENGAN EKSPRESI MENCIBIR)
Seharusnya kita menyadari dan tanggap apa yang sedang terjadi di
lingkungan kita. Di sekitar kita. Dunia pendidikan saat ini carut-marut. Beberapa
peristiwa bahkan sering kali belakangan ini terjadi menimpa kawan-kawan kita
baik yang di daerah maupun yang di Jakarta. Tetapi mana peduli kita? Mana?
Mana? Kita selalu mencari aman dan nyaman. Tidak lagi berpikir bahwa kita ada
pada korps yang sama. Tidakkah Bapak-Ibu guru merasa kita seperti pecundang
yang diam karena uang.
Halaman XX ROMAN DAN CINTA BELUM BOLEH BERCINTA.
ROMAN DI SUDUT SEKOLAH MEMBACA
PUISI YANG DITULIS PAK GURU UNTUKNYA: AKU, KAU, DAN RAPOR KITA. MATANYA
BERKACA-KACA. CINTA JUGA MEMBACA PUISI YANG SAMA DI SUDUT SEKOLAH. AIR MATANYA
BERLINANG SERAYA MENGGIGIT BIBIRNYA MENAHAN ISAK TANGIS KERINDUAN, KEBENCIAN,
DAN KESEDIHAN.
Halaman XXI SEBUAH KELULUSAN DAN CITA-CITA.
SEGAMBARAN KEGIATAN BELAJAR
MENGAJAR DI SEKOLAH. TIGA
GURU: SD, SMP, SMA, YANG SEDANG BERBINCANG TENTANG CITA-CITA MURID-MURIDNYA
MELALUI PUISI AKU INGIN MENJADI.
IBU
GURU SD:
“Anak-anak, Ibu mau bertanya tentang
cita-citamu. Kalian jawab dengan jujur, ya”
SISWA-SISWI
SD:
“Ya, Bu Guru.“
IBU
GURU SD:
“Ani, mau jadi apa?“
SISWA-SISWI SD:
“Ani
ingin menjadi insinyur.“
“Budi
ingin menjadi arsitektur.“
“Cica
ingin menjadi dokter.“
“Darma ingin
menjadi psikiater.”
IBU GURU SD:
“Siapa yang
ingin menjadi guru? Loh, kok diam semua.”
MUSIC
TRANSITION: FADE IN—FADE OUT
IBU GURU SMP:
“Eno,
cita-citamu ingin jadi apa?”
SISWA-SISWI SMP:
“Eno ingin
menjadi pengacara”
“Fani ingin
menjadi pewara”
“Galih ingin
menjadi pelukis”
“Heny ingin
menjadi sekretaris.”
IBU GURU SMP:
“Siapa yang
ingin menjadi guru? Tidak ada yang ingin jadi guru, ya?”
SISWA-SISWI SMP:
“Indra ingin
menjadi pengacara”
“Joko ingin
menjadi pramugara”
“Kardi ingin
menjadi polisi”
“Lindri ingin
menjadi peragawati”
IBU GURU SMP:
“Siapa yang
ingin menjadi guru?” Wachhh, belum ada juga ya yang berminat jadi guru?”
MUSIC
TRANSITION: FADE IN—FADE OUT
IBU GURU SMA:
“Coba
sampaikan kepada Ibu apa cita-citamu?”
SISWA-SISWI SMA:
“Marta ingin
menjadi penyanyi, Bu.”
“Nanda ingin
menjadi penari.”
“Otong ingin
menjadi pembalap.”
“Parto ingin
menjadi pesulap.”
“Quinto ingin
menjadi promoter.”
“Rano ingin
menjadi kontraktor.”
“Santo ingin
menjadi jutawan.”
“Tono ingin
menjadi wartawan.”
“Ulfa ingin
menjadi polwan.”
“Vita ingin
menjadi relawan.”
“Wawan ingin
menjadi binaragawan.”
“Xaverius
ingin menjadi rohaniwan.”
“Yohanes ingin
menjadi pendeta.”
“Zakaria ingin
menjadi penceramah.”
BAPAK DAN IBU GURU:
(KETIGANYA
HANYA MENGANGKAT BAHU) Yach. Ini fakta
PENTAS REDUP.
PENGUMUMAN
KELULUSAN SISWA-SISWI PUN TIBA. SUASANA BERUBAH CERAH CERIA.
TAMPAK LATAR SEKOLAH YANG MEGAH TERTUTUP KESIBUKAN SISWA MEMBACA
PENGUMUMAN—MENCARI DAFTAR DERETAN NAMA-NAMA SISWA YANG LULUS UJIAN AKHIR
SEKOLAH.
ROMAN, CINTA,
BRAM, MARKONA, JONGGI, SITI BERAHI, KELOMPOK IPS, KELOMPOK IPA, KELOMPOK
BAHASA, DAN KETUA OSIS, SEMUA LULUS DENGAN TANDA TANYA. MAU KE MANA MEREKA
SETELAH ITU. MAMPUKAH MEREKA MENJADI ANAK BANGSA YANG BERGUNA—MENJADI GENERASI
PENERUS BANGSA.
SUASANA GEMBIRA DAN BAHAGIA
KECUALI ROMAN DAN CINTA DI SUDUT SEKOLAH HANYA BISA SALING BERTATAP MATA.
SEJENAK SAJA LALU BERPISAH. KARENA CINTA ADA DALAM KUASA SANG BUNDA YANG SEGERA
PERGI MEMBAWANYA KE DUNIA NYATA ORANG KAYA.
Halaman XXII AKHIR SEBUAH ANGAN-ANGAN PAK GURU.
SEGAMBARAN KILAS BALIK
ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR YANG DIAJARKAN MEMBACA DAN MENULIS OLEH BAPAK DAN IBU
GURU (JASAMU GURU)
Kita jadi bisa menulis dan membaca karena siapa
Kita jadi tahu beraneka bidang ilmu dari siapa
Kita jadi pintar dibimbing Pak Guru
Kita jadi pandai dibimbing Bu Guru
Guru bak pelita penerang dalam gulita jasamu tiada tara
Guru bak pelita penerang dalam gulita jasamu tiada tara.
MURID-MURID SMP YANG DIAJARKAN
MEMAHAMI BERBAGAI BIDANG ILMU PENGETAHUAN, SISWA-SISWI SMA YANG DIAJARKAN, DIBIMBING,
DAN DIBINA BAGAIMANA BERPIKIR KRITIS DAN ANALISIS MENGHADAPI KEDEWASAANNYA. (TERIMA KASIHKU)
Terima kasihku kuucapkan
Pada guruku yang tulus
Ilmu yang berguna selalu dilimpahkan
Untuk bekalku nanti.
Setiap hariku dibimbingnya
Agar tumbuhlah bakatku
Kan kuingat selalu nasihat guruku
Terima kasihku guruku.
LALU, SEKELOMPOK ORANG SUKSES
DAN BERHASIL BERDIRI DI HADAPANNYA. MEREKA BERGERAK LAMBAN TANPA SUARA TANPA
KATA-KATA.
TAK TERASA AIR MATA PAK GURU
MENETES MENYENYUMI MASA DEPAN YANG BELUM ATAU TIDAK TERGAPAI.
”Terima kasih Tuhan. Terima
kasih ya, Allah. Amanat-Mu telah kuemban dan kujalankan. Kini lega sudah aku
berada di ujung senja bersama keluarga. Mereka telah memilih dan meraih masa
depannya.”
SENJA KIAN BERGELAYUT DI WAJAH
PAK GURU TERCINTA. MENTARI TAK LAGI BERBAGI CAHAYA UNTUKNYA. REMBULAN PUN
DIAM-DIAM MENJAUH DARINYA. IA TAK BERDAYA KERUT DI WAJAHNYA GAMBARAN RIBUAN MIL
SEGALA YANG PERNAH DIALAMINYA. TAK ADA LAGI KATA-KATA YANG MEMBUATNYA BANGKIT
SELAIN SEMANGAT YANG TERSISA DI DAHI: ”BAHWA HIDUP JANGAN MENUNGGU SESUATU
YANG TAK PASTI.” MESKI KEPASTIAN YANG DINANTI KIAN DEKAT MENGHAMPIRI.
PAK GURU DUDUK SENDIRI. IA
MENERAWANG JAUH KE SEGALA YANG TERTUNDA DAN TERTINGGAL. IA TIDAK MENUNTUT SATU
APAPUN KECUALI DIRINYA ADA DALAM KENANGAN MASA SILAM YANG BARANGKALI DIBAWA
ATAU DITINGGALKAN DALAM PERBINCANGAN MASA DEPAN. PAK GURU PUN MENGGORESKAN
PENANYA UNTUK SEBUAH PUISI.
”...”
Halaman XXIII KADO BUAT PAK GURU.
GURU TETAP GURU. WAKTU BERLALU
TANPA HARUS MENUNGGU UNTUK DIGUGU DAN DITIRU. NYATANYA MURID LEBIH CEPAT
MELESAT MENUJU SUKSES HIDUP DAN KEHIDUPAN. SEMENTARA GURU MENUNGGU SELAMA
PERJALANAN WAKTU MENUNTUT HINGGA BATAS WAKTUMU.
DESKRIPSI MASA LALU: SEKELOMPOK
MURID-MURID YANG SUDAH BERHASIL DALAM HIDUP DAN KEHIDUPAN. MEREKA SUKSES. ADA
YANG MENJADI DOKTER. ADA YANG MENJADI INSINYUR. ADA YANG MENJADI ABRI. ADA YANG
MENJADI PENGUSAHA. ADA YANG MENJADI PENGACARA DAN SEBAGAINYA. MEREKA BERBAUR
DALAM EVORIA REUNI. SEMENTARA MEREKA LUPA DI DALAM EVORIA ADA BAPAK GURU DAN
IBU GURU. ACARA DEMI ACARA BERLALU TIBA PAK GURU DIDAULAT MEMBACAKAN PUISI.
MAKA MELANTUNLAH DARI MULUT PAK GURU SEBUAH PUISI KADO BUAT PAK GURU.
”KADO BUAT PAK GURU” MEREKA YANG HADIR JADI
TERHENYAK DALAM BERDIRI. MEREKA SADARI KEKELIRUAN MEREKA SELAMA INI. MEREKA
SADARI KEAROGANSIAN MEREKA. MEREKA SADARI MEREKA LUPA AKAN APA SAJA YANG TELAH
DIBERIKAN KEPADA MEREKA.
SELESAI MEMBACAKAN PUISI PAK
GURU TURUN DARI PANGGUNG UNTUK KEMUDIAN MELANGKAH LAMBAN MENINGGALKAN RUANG
REUNI. TAK LAMA BAPAK DAN IBU GURU YANG LAIN MENGIKUTINYA. AKAN TETAPI LANGKAH
MEREKA TERHENTI KETIKA TERDENGAR BAIT-BAIT POTRET GURUKU YANG SUDAH
DIMUSIKALISASIKAN TERDENGAR DILANTUNKAN OLEH ROMAN DAN SEGENAP YANG HADIR DALAM
REUNI TERSEBUT.
PAK GURU TERENYUH. ROMAN
TERENYUH. YANG LAIN JUGA TERENYUH. MEREKA SEKETIKA TENGGELAM DALAM HARU BIRU
HINGGA LANTUNAN PUISI POTRET GURUKU SELESAI.
BEBERAPA ALUMNUS MENGHAMPIRI
PAK GURU SAMBIL MINTA BERFOTO:
”Pak Guru foto dulu!”
”Tadi kita sudah foto-foto,
kan.”
”Tapi tadi foto bersama-sama,
Pak.”
”Ya, Pak. Kami ingin foto
bersama Pak Guru.”
”Cukup, Nak. Gambarku pasti
ada dalam benakmu dalam aortamu, jika kau sungguh-sungguh mengingatku dan tak
pernah melupakan bahwa aku pernah menjadi gurumu, dan pernah ada dalam masa
depanmu.
(MELANGKAH MENINGGALKAN
MEREKA)
SUASANA REDUP PERLAHAN. SESEORANG
MENUTUP BUKU HARIAN DI TANGANNYA. USAILAH SUDAH PANGGUNG POTRET GURUKU. SEMOGA
SAJA SEBERKAS CAHAYA DAPAT MENEMBUS RELUNG TERDALAM PARA INSAN PENDIDIKAN.
RUANG PUN GELAP.
* Karyaku ini khusus kupersembahkan kepada
mahasiswa-mahasiswaku yang kelak meneruskan perjuanganku menjadikan
sekolah....dan murid-murid....
SELESAI
Jakarta 14 November 2016
Komentar
Posting Komentar