PERFORMANCE
ART
NOSTALGIA
’ TER ’ DALAM HIDUP
(
SEBUAH SKETSA )
I
NARATOR :
BAGI INSAN PENDIDIKAN,
MANUSIA INTELEKTUAL, OARANG YANG PERNAK MENGENYAM PENDIDIKAN SEJAK SD HINGGA
PERGURUAN TINGGI, KELULUSAN YANG IDENTIK DENGAN KEBERHASILAN MERUPAKAN SEBUAH
PENGALAMAN PERJALANAN YANG TERAMAT PANJANG DAN TAK TERLUPAKAN BILA DIKENANG
DEMI MENGGAPAI HARAPAN DAN CITA-CITA HINGGA MASA DEPAN PUN DAPAT BERADA DI
TANGAN. DAN SEMUA ITU AKAN MENJADI NOSTALGIA TERINDAH, TERBURUK, TERPAHIT,
TERMANIS, BAHKAN TERPANJANG DALAM SETIAP HIDUP MANUSIA BERPENDIDIKAN.
( SUARA-SUARA LATIHAN
VOKAL )
DIALOG :
”Katanya begini : belajar
drama, kok A, I, U, E, O saja dari masa jabatannya Pak ISMAIL, Ibu RUSNI
ZULHARMAN, Bapak TARIGAN, Bapak MUCHTAR EFENDI, Bapak FERDINAN SIHOMBING, Sampai
Bapak SUPENA. Apa tidak ada huruf lain, yang bisa diucapkan. Ba, bi, bu, be, bo, kek. Kan, lebih bermakna.”
”Katanya begini : anak
teater itu selalu merusak lingkungan sekolah. Yang banyak izin anak teater,
yang banyak bolos, anak teater, yang malas belajar anak teater. Pokoknya anak
teater identik dengan kerusakan mental dan moral. Ahhh, semestinya jangan
mudah menilai dan menjatuhkan pendapat yang akhirnya menjadi stempel yang tak
berguna. Belajarlah melihat sesuatu dari dari mata hati dan kata hati. Jangan hanya dari rasa tidak puas diri, dan emosi tak terkendali. Begitu
banyak anak-anak teater yang berprestasi yang tidak bisa disebutkan satu per
satu. Mulai dari UNDANG HIDAYAT, INAYANTI sang Manajer, ASMAR Kapten polisi,
GUSTINI sang Pengacara sampai GUNAWAN selebritis papan atas.”
”Sebetulnya janganlah
pernah mematikan aktivitas dan kreativitas anak yang positif, justru anak-anak
yang tidak punya aktivitas dan kreativitas yang perlu dibimbing.”
”Sebetulnya Anda siapa
dan mau apa, sih?”
”Kita sama, bagian
dari sekolah, bagian dari penggalan pendidikan. Mau lihat potret saya ketika
SD.”
II
SEORANG IBU GURU BERSAMA DENGAN BEBERAPA MURIDNYA SEDANG
ASYIK BELAJAR, BERCERITA, DAN BERNYANYI.
(MUSIK : ”IBU GURU
KAMI”)
DIALOG
:
”E, gue bagi permennya, dong ¡”
“Enak aja. Minta sama bapak lu, gih!”
”Parno! Parno! Parno!”
”Wah, lu maen bapakan! Gue cium luh!
”Ihhh, enak aja. DORAEMON mau cium gue,
yeee!”
“Wa, beneran gue cium nih.”
“Bu Guru, tolong Doraemon mau cium saya…!”
SISWA SD 1 BERUSAHA
UNTUK MENCIUM. SISWA SD 2 DAN 3 BERLARI MENGHINDAR MEMANGGIL-MANGGIL GURUNYA
DENGAN KETAKUTAN.
IBU GURU MUNCUL LANGSUNG MENANGKAP SISWA SD 1 LALU MENJEWER TELINGA SISWA SD 1.
”Kamu tuh selalu saja
bikin masalah. Nih rasain, yah!”
”Aduh, sakit, Bu. Ihh,
ibu Guru kaya setan! Bu Guru kaya penjahat!” (BERLARI MENJAUH
DARI BU GURU)
”Eh, nakal, ya! Kurang
ajar, ya! Berani mengatain Bu Guru! Awas ibu jewer lagi yang kenceng, biar
putus kupingnya!” (MENGEJARNYA)
IBU GURU DAN SISWA SD 1 SALING KEJAR. SEMENTARA SISWA SD 2 DAN 3 BERSORAK SORAI.
III
DIALOG :
“Mau lihat potret
teman kita di SMP”
”Boleh juga, ABG
banget kali!”
DUA SISWI SMP SEDANG
ASYIK BERBINCANG. SATU SAMA LAIN MENCERITAKAN PENGALAMAN
PERTAMANYA MENJADI SISWA PUBERTAS. SEMENTARA DI KEJAUHAN TAMPAK DUA ORANG SISWA
MEMANGGIL-MANGGIL INGIN MENYATAKAN SESUATU.
(MUSIK : INSTRUMENTAL
FIRST LOVE)
”Eh, elu semalam
jadian ya, sama sih Drakula?”
”Ihh, apaan, sih. Dia,
tuh cuma mau ngomong, tau!”
”Ngomong apa nembak?”
”Ngomong. Sumpah. Suer tekewer kewer
deh.”
“Nembak apa ngomong.”
“Ya, udah, udah, gue ngaku. Ngomong sama nembak.”
“Ditembak
pake bunga atau pake first kiss?”
”Ya, pake...bunga lah,
masa pake bunga dong.”
”Pake bunga dong apa
pake cium dong?”
”Ya, dua-duanya lah.
Masa dua-duanya dong.”
“Ciiiieeeeehh, kita rayakan
dong!”
(MUSIK : “FIRST LOVE”)
IV
DIALOG
:
“Nah, yang ini potret gue banget di SMA.”
”Gue juga kali!”
”Liat, yu. Gue jadi malu.”
SEKELOMPOK SISWA MASUK
BERTEMU BAPAK GURU. MEREKA MENGUCAPKAN SALAM, PAK GURU
MEMBALAS SALAM.
”Selamat pagi, Pak.”
”Selamat p(V)agina !”
”Selamat pagi
Bapak-bapak!”
”Selamat p(V)agina
anak-anak!”
SISWI-SISWI
TERTAWA SAMBIL BERLARI. SEMENTARA PAK GURU BERJALAN
DENGAN GAYANYA YANG KHAS.
TAK LAMA MUNCUL
BEBERAPA SISWA-DAN SISWI MELINTAS DI MEJA PIKET TANPA MEMASUKAN BAJU SERAGAMNYA.
”Sssssttt, ada Bu Ita
sama Bu Tiur masukin baju, ntar di atas kita keluarin lagi. Oce!”
”Hey, Baskoro
masukkanlah bajunya! Masa anak kelas tiga nggak bisa kasih contoh adik-adiknya!
Ayo masukkan dulu nanti di atas di keluarkan lagi!”
”Baju saya kelebaran,
Bu Tiur. Badan saya kesempitan, Bu. Eh, terbalik, Bu.”
”Terus kenapa sepatu
kamu diinjak?”
”Kalo nggak diinjak
saya jalannya bagaimana, Bu Tiur. Nanti kalo saya jalannya ngambang Ibu takut
lagi”
”Ah, macam-macam saja kau.”
“Eh, kenapa pake baju
kaya gitu. Udah gendut nggak nyadar! Tuh, lagi pake baju ketat banget.
Eh, kenapa pake rok pantatnya keliatan nggak sekalian
dikeluarin, tuh pantat.”
”Bu, Ita kambing aja
pantatnya keliatan, Bu. Masa manusia nggak boleh keliatan pantatnya.”
”Kamu kalo dikasih tau
ngelawan aja!”
”Abis, omongan yang
keluar dari mulut ibu dalam”
”Ya, iya. Kalo omongan yang leluar dari bool itu namanya kentut! Udah cepet masuk, cari-cari kesempatan aja! Mending kalo pinter! Yang penting otaknya pinter, belajarnya bener, bukan banyak omong keblinger!”
”Ya, iya. Kalo omongan yang leluar dari bool itu namanya kentut! Udah cepet masuk, cari-cari kesempatan aja! Mending kalo pinter! Yang penting otaknya pinter, belajarnya bener, bukan banyak omong keblinger!”
SISWA-SISWI BERLALU
MENINGGALKAN GURU DENGAN MENGGERUTU. SEMENTARA GURU GURU JUGA BERLALU DENGAN
GAYA KHASNYA MASING-MASING.
(MUSIK : ”SOBAT”)
TAK LAMA BERLALU BU
GURU MASUK MEMBAWA DAN MENDORONG 5 ORANG SISWA DAN SISWI DENGAN KASUS BERBEDA.
KASUS PACARAN DI DEKOLAH. KASUS TERLAMBAT, DAN KASUS MEMBOLOS.
”Neh, ketahuan mau
bolos. Die lempar tas dari lantai tiga. Kebetulan jatuh
menimpa kepala MANTO.”
”Maaf, Bu. Habis pelajarannya nge BT-in.”
”Iya, Bu, gurunya
galak. Saya nggak buat PR. Takut dijewer. Kata ibu saya kalo dijewer tiap hari
kupingnya bisa putus.”
”Kalo kamu?”
”BT, Bu. Bosan
dengarin guru yang ngajarnya marah-marah melulu. Masalahnya
di rumah, murid yang kena sasaran.”
“Wah, kamu udah pasti
saya jamin nggak baik kelas!”
“Maaf, Bu. Ampón, Bu.”
“Kalo kamu kenapa.”
“Terlambat.”
“Sudah kelas tiga
terlambat setiap hari. Itu namanya direncanain. Kalau begini
terus saya jamin kamu nggak lulus.”
“Kok Ibu ngomongnya
begitu. Omongan ibu itu, doa loh.”
“Nih lagi, kerjaannya pacaran melulu.”
”Jangan salah, Bu. Kami sedang mempersiapkan ujian
praktik biologi dan matematik.”
”Masa sampe sore. Tiap hari. Berduaan. Itu namanya mojok.
Praktik mojok. Heran deh, kaya nih sekolah milik berdua aja. Dasar ngga punya
kemaluan.”
”Punya, Bu.”
”Bukan itu maksud saya. Sudah, sudah, sekarang kalian
push up semua. Yang cewek itung ubin dan pungutin sampah.”
”Perasaan gue nggak bercita-cita jadi satpam deh.”
”Gue juga perasaan nggak bercita-cita jadi tukang
bangunan sama jadi cleaning servise.”
”Jangan berisik ibu mau ngajar dulu!”
BU GURU BERLALU
MENINGGALKAN SISWA-SISWI TERHUKUM. SEMENTARA SISWA-SISWI TERHUKUM SEGERA
BERSANTAI.
(MUSIK : ”CINTA ITU
MEMBUNUHKU”)
V
MASUK KELOMPOK
SISWA-SISWI SMA MEMBAWA BUNGA MENGHAMPIRI BEBERAPA GURU UNTUK MOHON MAAF DAN
TERIMA KASIH KARENA SUDAH BERHASIL LULUS UJIAN SMA.
VI
TAK ADA AKHIR YANG
DIHARAPKAN SETIAP GURU DAN SISWA DALAM MENGEMBAN PENDIDIKAN, SELAIN AKHIR YANG
BAHAGIA, AKHIR YANG MENGHARUKAN, DAN AKHIR YANG MEMBANGGAKAN.
MARI KITA LUPAKAN
SEGALA YANG TERSEDIHKAN, SEGALA YANG TERPAHITKAN, SEGALA YANG MENJENGKELKAN,
SEGALA MELECEHKAN, SEGALA YANG MEMALUKAN, SEGALA YANG MENAKUTKAN. SEMUA KITA
JADIKAN KENANGAN. KENANGAN ABADI SEPANJANG HAYAT. INGAT :
WAHAI ENGKAU MURID,
ENGKAU AKAN DEWASA, ENGKAU AKAN MENJADI PUTRA-PUTRI BANGSA YANG HARUS MEMBANGUN
NEGARA. ENGKAU PASTI AKAN MENGALAMI PERUBAHAN ITU. TAPI SATU
PINTAKU, JANGAN PERNAH LUPAKAN GURUMU. YANG TELAH MEMBIMBINGMU,
MENGAJARIMU DARI BELUM TAHU HINGGA TAHU,
DARI BELUM BISA HINGGA BISA. SEMENTARA GURUMU TETAP GURU.
(MUSIK : ”KARENA
GURU”)
TO : VISUALISASI SURAT
DAN SMS ”
( SURAT DARI MURID : ”KAMI
MOHON MAAF KEPADA BAPAK DAN IBU GURU, TAK ADA YANG DAPAT KAMI BERIKAN SELAIN
RASA HORMAT DAN RASA BANGGA KAMI TERHADAP IBU DAN BAPAK YANG TELAH MENGAJARKAN
KAMI SESUATU YANG BELUM KAMI TAHU, BELUM KAMI BISA, YANG TELAH MEMBIMBING KAMI,
YANG TELAH MENDIDIK KAMI, DAN MENJADIKAN KAMI MANUSIA YANG BERGUNA KELAK DI
KEMUDIAN HARI, SEBAGAI GENERASI BANGSA YANG BERKUALITAS DAN BERDEDIKASI TINGGI
TERHADAP NEGARA. SEMOGA JERIH PAYAH,
PERJUANGAN, PENGORBANAN LAHIR BATIN IBU DAN BAPAK MENJADI AMAL IBADAH IBU DAN
BAPAK HINGGA MENDAPATKAN RIDLA DAN
RAHMAT ALLAH SWT.AMIN. SELAMAT TINGGAL IBU DAN BAPAK GURUKU.”
(MUSIK MENGIRINGI LAGU
: KARENA GURU)
SELESAI---------------------------------------
Jakarta
14 juni 2008
Komentar
Posting Komentar